Selasa, 25 Oktober 2016

Sejarah Perkembangan SI & TI Serta Profesi IT dan Job Desc

Kali ini saya akan memposting Sejarah Perkembangan Sistem Informasi / Teknologi Informasi dan Profesi-profesi apa saja yang ada di dalam Sistem Informasi






SEJARAH

Sebelum kita mengetahui Sejarahnya, kita terlebih dahulu tahu arti dari Sistem Informasi itu sendiri apa. Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter,1992).
Menurut Everett M. Rogers melalui bukunya Communication Technologi : The New Media in Society mengatakan bahwa sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat dibagi dalam 4 era perkembangan, pembagian era tersebut adalah :
Era Komunikasi Tulisan (Dari tahun 4000 - )
Era Komunikasi Cetak ( Dari tahun 1456 – Hingga Sekarang)
Era Telekomunikasi ( Dari tahun 1844 – Hingga Sekarang)
Era Komunikasi Interaktif ( Dari tahun 1946 – Hingga Sekarang)

 Era Komunikasi Tulisan Melalui Gambar

Periode 3000 SM(Bangsa Sumeria) - Menggunakan Piktograf sebagai alat komunikasi.
Piktograf adalah Simbol-simbol yang menghasilkan suara yang berbeda dari setiap penyebutan hurufnya masing-masing dan mempunyai sebuah arti.
Periode 2900 SM(Bangsa Mesir Kuno) – Menggunakan Hieroglif sebagai alat komunikasi.
Hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan Piktograf, karena terdiri atas simbol-simbol suatu objek yang lebih detail seperti kapal, binatang, atau perkakas, dan dapat menunjukkan waktu serta perasaan. Hieroglif sendiri menggunakan tanah liat sebagai medianya.
Periode 105 M(China) – Menggunakan kertas sebagai alat komunikasi.
Kertas yang dimaksud terbuat dari olahan serat bambu, dan pada zaman sekarang penemuan tersebut dapat kita kenal dengan sistem cap atau stampel.

Era Komunikasi Cetak


Pada abad ke-13 Mesin Cetak pertama kali ditemukan di China yang pada dasarnya berkaitan dengan penemuan  dari olahan kertas yang ditemukan oleh bangsa China sendiri.
Pada abad pertengahan pertama abad ke-15 Laurenz Coster memperkenalkan metode cetak di daratan Eropa, dan Era komunikasi cetak dimulai pada tahun 1456 saat menggunakan sistem TIK yang diperkenalkan oleh Johan Gutenberg di Mainz(Jerman).

Era Telekomunikasi

Pada tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone, mereka bertiga dapat membuat alat yang dapat mengirimkan pesan elektronik antara 2 tempat yang berjauhan menggunakan kabel yang
menghubungkannya.

Era Komunikasi Interaktif

Pada tahun 1946 Unviersitas Pennsylvania(AS) mendesaign ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang memuat 18.000 tabung hampa. Penemuan ini mendorong pengembangan teknologi mikroprosessor dan komputer menjadi dasar teknologi komunikasi interaktif.
Pada tahun 1947 William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain menemukan transistor yang kemudian digunakan dalam pesawat radio.
Pada tahun 1957 Rusia meluncurkan satelit luar angkasa pertama(SPUTNIK) yang mengawali dimulanya era komunikasi Satelit.
Perkembangan akhir teknologi komunikasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, yang kita kenal sebagai Internet, yang mempermudah pertukaran informasi dan komunikasi secara interaktif, cepat, kapan saja, dan dimana saja, yang membuat seolah-olah dunia tak berjarak.

REFERENSI :
http://gemi-siksmat.blogspot.co.id/2013/09/materi-tik-sejarah-perkembangan_6710.html
http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/
http://bomy-id.blogspot.co.id/2014/05/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html

Tugas Softskill : Arbi Pramana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar